Friday, June 24, 2016

Jangan Abaikan 17 Khasiat Penting Daun Jambu Biji Ini


Pohon jambu biji merupakan pohon yang dapat dengan mudah kita temui di pekarangan. Jambu biji pada umumnya sangat dikenal saat wabah DBD merebak, terutama jenis jambu biji merah. Buahnya dipercaya dapat mencegah dan meringankan gejala demam berdarah. Namun tahukah Anda, selain buahnya ternyata daun jambu biji juga memiliki manfaat terutama bagi kesehatan.


Daun jambu biji memiliki kandungan serat sehat yang tinggi, vitamin C, vitamin A dan Kalium. Berikut kami sajikan 17 khasiat penting bagi kesehatan yang dimiliki daun jambu biji:

  1. Rebus beberapa lembar daun jambu biji dalam air mendidih, kemudian setelah dingin atau hangat kuku oleskan air rebusan tersebut pada kulit kepala, diiringi dengan memijat kulit kepala. Air rebusan daun jambu biji ini akan merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan rambut yang rontok.
  2. Teh daun jambu biji dapat meringakan dan menyembuhkan gejala bronkitis dan batuk
  3. Daun Jambu biji dapat mengobati gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi. Sebelumnya Anda harus menghaluskan daun jambu terlebih dahulu, dan mengoleskannya ke bagian tubuh yang terasa gatal.
  4. Teh daun jambu biji berkhasiat menurunkan kolesterol buruk (LDL), dan pada saat yang sama menjaga kolesterol baik (HDL)
  5. Teh daun jambu biji dapat mengurangi kadar gula darah dan sangat bermanfaat digunakan dalam kasus diabetes
  6. Teh daun jambu biji juga sangat efektif dalam meningkatkan kesuburan pria
  7. Daun jambu biji ini dapat digunakan sebagai scrub wajah yang efektif dan berkhasiat menghilangkan komedo. Haluskan beberapa helai daun jambu biji kemudian tambahkan sedikit air, dan gunakan secara alami pada wajah Anda.
  8. Teh daun jambu biji memiliki sifat antimikroba yang kuat, sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan disentri dan diare.
  9. Penggunaan daun jambu biji pada luka kecil seperti abrasi atau goresan akan meringankan dan mencegah terjadinya infeksi. Selain itu dapat mengobati infeksi telinga luar, dengan mengoleskan air teh daun jambu biji pada daerah yang terkena infeksi.
  10. Oleskan daun jambu biji yang telah dihaluskan pada daerah yang terkena untuk meringaankan efek gigitan serangga
  11. Teh daun jambu biji diyakini mampu mengobati pembesaran prostat dan kanker
  12. Teh daun jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat
  13. Teh daun jambu biji jika dikonsumsi dapat menimbulkan perasaan kenyang, sehingga cukup baik dalam membantu program penurunan berat badan, selain itu dapat pula mencegah konversi karbohidrat ke gula.
  14. Daun jambu biji dapat meringankan dan menyembuhkan gejala DBD. Rebuslah 9 helai daun jambu biji dalam 5 cangkir air sampai kemudian air berkurang setengahnya.
  15. Mengunyah daun jambu biji secara langsung dapat mengobati sakit gigi, luka dalam rongga mulut dan gusi yang meradang.
  16. Haluskan beberapa lembar daun jambu biji, tambahkan sedikit air. Kemudian gunakan sebagai scrub wajah yang berkhasiat mencegah penuaan dini kulit.
  17. Teh daun jambu biji membantu dalam kasus keracunan makanan dan sakit perut


EmoticonEmoticon